livebest
Pengertian Marketing
marketing adalah sebuah strategi bisnis yang mengacu pada kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk bisa mempromosikan pembelian ataupun penjualan produk, ada beberapa hal yang mencakup marketing yaitu salah satunya adalah periklanan, penjualan, dan pengiriman produk kepada konsumen maupun mitra kerja lainnya.
Dengan menggunakan teknik marketing kita akan memperkenalkan produk kepada pelanggan mulai dari mempromosikannya hingga strategi pengembangan produknya, namun pada prakteknya sendiri marketing sering dimulai dengan melakukan riset pasar dan juga melakukan analisis kebutuhan konsumen sesuai dengan buyer personal.
Fungsi dan Manfaat Marketing
Untuk fungsi dari marketing sendiri adalah untuk menghubungkan sebuah brand dengan calon konsumen, dan agar bisa terhubung dengan baik tentunya di dalam marketing harus terdapat proses identifikasi seperti kebutuhan calon pelanggan serta Bagaimana cara perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut.
Biasanya saat kita bekerja di perusahaan sebagai seorang marketing kita harus bisa memberikan sebuah nilai tambah kepada produk dan juga layanan yang ada pada perusahaan tersebut tidak hanya itu kamu juga harus membangun hubungan baik dengan target pasar, untuk manfaat dari marketing sendiri dalam bisnis sangatlah banyak contohnya yaitu:
Untuk membantu target pasar dalam memahami produk dan juga layanan yang sedang kita tawarkan
Memberikan nilai tambah terhadap produk dan juga layanan yang kita punya
Sarana untuk melakukan branding
Dapat membangun hubungan baik dengan target pasar.
Bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan juga layanan yang kita punya.
Bisa menargetkan target pasar secara spesifik.
Dan yang terakhir marketing ini berguna untuk meningkatkan jumlah transaksi ataupun pembelian.
Dari beberapa manfaat di atas bisa kita simpulkan bahwa marketing ini bisa dibilang sebagai kakinya bisnis yang mana berfungsi untuk mengarahkan bisnis kita ke arah yang kita harapkan, untuk bisa mengarahkan bisnis kepada konsumen ada beberapa jenis marketing yang cukup populer dan bisa kamu gunakan untuk menargetkan pasar, Adapun untuk beberapa jenisnya kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya di bawah.
Jenis-Jenis Marketing yang Paling Populer
Seperti yang kita tahu bahwa teknik marketing memiliki banyak sekali teknik yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnis, jadi jangan sampai ketika kamu akan melakukan proses pemasaran kamu malah salah memilih jenis maupun tekniknya, karena hal ini akan berdampak pada ketidakmaksimalan kamu dalam memasarkan produk nantinya.
Psikologi Marketing
Jenis marketing yang pertama yang bisa kamu terapkan dalam bisnis adalah jenis marketing psikologi marketing, jenis ini bertujuan untuk memahami motivasi emosional target pasar dalam mempertimbangkan sebuah produk, singkatnya psikologi marketing merupakan jenis marketing yang memanfaatkan psikologi dan juga cara konsumen berpikir sehingga mereka menentukan serta memutuskan untuk melakukan pembelian.
Saat kamu menerapkan psikologi marketing kamu bisa membuat strategi promosi yang bisa menggerakkan konsumen dalam melakukan apa yang kamu minta, contohnya seperti mengikuti flash sale dan juga memanfaatkan diskon besar-besaran yang sudah kamu buat.
Kamu tidak harus berinteraksi secara langsung dengan konsumen karena kamu bisa menerapkan jenis pemasaran psikologi marketing ini melalui beberapa cara salah satunya seperti media sosial dan juga website serta marketplace.
Berikut adalah penerapan psikologi marketing dalam pemasaran :
Menerapkan price sensitivity, cara ini merupakan cara di mana kita akan memberikan diskon hanya untuk konsumen pada target pasar tertentu.
Berikutnya kamu bisa menerapkan urgensi scarity, yaitu memberikan sebuah urgensi terkait info promosi misalnya saja seperti cooldown timer diskon.
Social proof, kamu juga bisa menerapkannya dengan menggunakan metode ini untuk mempengaruhi produk Anda dengan pengaruh positif, contohnya seperti menggunakan testimoni serta menempel embel-embel best seller.
Viral Marketing
Jenis marketing berikutnya adalah viral marketing, untuk tujuannya sendiri adalah agar bisa memperluas jangkauan promosi secara tepat kepada audiens umum, singkatnya viral marketing adalah sebuah strategi promosi dengan memanfaatkan audiens untuk bisa menyebarluaskan informasi mengenai produk yang kita punya, strategi ini cukup mampu untuk mendongkrak popularitas bisnis dalam waktu yang cepat.
Komentar
Posting Komentar